Pengaruh
Situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang
khusus
untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik
konsumen dan
karakteristik obyek (Engel, et.al ,1994). Situasi Konsumen adalan faktor
lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku
konsumen
muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu ( Mowen dan Minor 1998).
Pengaruh
situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang
khusus
untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik
konsumen dan
karakteristik obyek. Situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara
yang
menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu
tertentu
dan tempat tertentu.
1.
JENIS-JENIS SITUASI KONSUMEN
a. SITUASI
KOMUNIKASI
Situasi
Komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh
informasi
atau melakukan komunikasi. Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui
:
- Komunikasi
Lisan dengan teman, kerabat, tenaga penjual, atau wiraniag
- Komunikasi
non pribadi, seperti iklan TV, radio, internet, koran,
majalah,poster,
billboard, brosur, leaflet dsb
- Informasi
diperoleh langsung dari toko melalui promos penjualan, pengumuman
di rak
dan di depan took.
b. SITUASI
PEMBELIAN
Situasi
Pembelian adalah lingkungan atau suasana yang dialami/dihadapi konsumen
ketika
membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi pembelian
Misal:
Ketika Konsumen berada di bandara, ia mungkin akan bersedia membayar
sekaleng
Coke berapa saja harganya ketika haus. Sebaliknya, jika ia berbelanja
Coke di
swalayan dan mendapatkan harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat
sensitif terhadap harga. Konsumen tsb mungkin akan menunda pembelian
Coke dan
mencari di tempat lain.
c. SITUASI
PEMAKAIAN
Situasi
Pemakaian disebut juga situasi penggunaan produk dan jasa merupakan
situasi
atau suasana ketika konsumsi terjadi. Konsumen seringkali memilih suatu
produk
karena pertimbangan dari situasi konsumsi. Misal: Konsumen Muslim sering
memakai kopiah dan pakaian takwa pada saat sholat atau pada acara
keagamaan.
Kebaya akan dipakai kaum wanita pada acara pernikahan atau acara resmi
lainya,
dan jarang digunakan untuk pergi bekerja Para Produsen sering
menggunakan
konsep situasi pemakaian dalam memasarkan produknya, produk sering
diposisikan
sebagai produk untuk digunakan pada situasi pemakaian tertentu.
Misalnya, ada
pakaian resmi untuk ke pesta, pakaian olahraga, pakaian untuk kerja,
pakaian
untuk santai dan berolahraga.
2. INTERAKSI
ORANG-SITUASI
Situasi
pembelian mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembelian
konsumen dengan
gaya hidup believer. Hal ini menunjukkan bahwa situasi pembelian mampu
menghadirkan keinginan konsumen untuk membeli karena situasi ini bisa
menjadi
stimulus terhadap keputusan konsumen untuk membeli.
Gaya hidup
pembelian juga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan
pembelian
konsumen atas sesuatu. Konsumen dengan gaya hidup believer ternyata juga
mengikuti mode-mode pakaian khususnya misalnya celana jeans sehingga
gaya hidup
mereka berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dilakukan. Situasi
pembelian dan gaya hidup terhadap mode bagi konsumen dengan gaya hidup
believer
ternyata cukup tinggi mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
dengan
pengaruhnya sebesar 68%.
3. PENGARUH
SITUASI YANG TIDAK TERDUGA
Situasi
tidak terduga dapat menjadi pemicu seseorang untuk membeli suatu barang.
Misalnya mahasiswi yang akan mengikuti ujian dan lupa membawa bolpoin
dan
pensil, maka secara otomatis dia akan membeli dulu bolpoin dan pensil
sebelum
mengikuti ujian tersebut.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar